Monday, September 3, 2007

GILA KARENA TANAMAN HIAS!

Berita terbaru dari kawasan jawa tengah dan sekitarnya. baru-baru ini orang-orang pada 'gila' semua. entah angin dari mana yang membuat 'trend' baru. Ya...
BISNIS TANAMAN HIAS

Masyarakat sekarang tak asing lagi dengan istilah jemanii, gelombang cinta, hokeri, keris, anthurium, aglaonema, donna carmen de el el.
istilah baru yang sekarang selalu diperbincangkan orang di setiap sudut jalanan. Bayangkan saja, saya punya pedagang tanaman langganan, 4 bulan yang lalu dia setia keliling pasar untuk menjajakan tanaman hias.
Waktu itu pedagang tanaman tak jauh beda seperti petani. Minggu ini (2 Sept 2007) saya bertamu ke rumahnya, eddaaannn......
Sekarang dia dah jadi boss tanaman hias.

Hampir tiap menit hapenya berdering menerima orderan bibit 'gelombang cinta' dan 'jemanii' dengan penghasilan bersih per hari sekitar 500 ribu - 1 juta. Penghasilan 1 bulan = 30 juta ??

Bayangkan aja!
Bibit jemanii belum keluar daunnya (1 batang kecambah) dihargai 75 ribu. Gelombang cinta anakan daun 2 harganya 40 ribuan. sehari bapak ini bisa menjual sampai 200 an bibit tanaman anthurium.

Lain halnya dengan saudaraku, dia bisnis indukan gelombang cinta. sebulan yang lalu indukan gelombang cinta masih boleh dihargai dibawah 10 juta. Hari ini indukan sudah 25 juta. Saudaraku cerita dia beli indukan gelombang cinta di Wonosobo, sebanyak 3, harganya, yah sekitar 25 an juta gitu, setelah 1 minggu dia tahan, kemudian dia lepas dengan harga 35 juta.
Bayangkan dalam 1 minggu dapat 10 juta.... gila ya!!!

Itu sebagian cerita sukses. ada juga cerita sedih. Juragan anthurium di daerahku (borobudur) berteriak, ketika dia tahu, ada 2 indukan gelombang cinta yang dicuri orang. Yaah, katanya sekitar 60 jutaan. dan sekarang mencuri elektronik bukan jadi hal yang diincar para pencuri.
Pencuri lebih mengincar tanaman hias, sebut aja indukan jemanii yang harganya 1 pohon bisa 50 an juta.

Terkadang aku hanya bertanya,
apakah harga tanaman akan seperti ini terus,
aku takut orang-orang jadi bener-bener gila.
Hari kemarin, orang jualan bunga untuk beli sawah untuk beli mobil.
Hari ini orang jual sawah, jual mobil untuk beli bunga ......... haaah!

No comments: